Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 18 September 2013

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas III semester 1


I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang paling benar!

1. Sumpah Pemuda diikrarkan oleh ... Indonesia.
a. Bangsa
b. pemuda
 c. anak-anak
d. ibu-ibu
2. Isi Sumpah Pemuda adalah ...
a. Satu nusa satu tanah air satu bangsa
b. Satu nusa satu bahasa satu daerah
c. Satu bangsa satu bahasa satu negara
d. Satu nusa satu bangsa satu bahasa
3. Hidup rukun dapat memperkuat ...
a. Jiwa kebangsaan
b. gemar menolong tanpa membedakan
c. Persatuan dan kesatuan
 d. bangga sebagai bangsa Indonesia
4. Kata “Devide et impera” artinya adalah ...
a. Berbeda-beda tetapi tetap satu
b. mempersatukan bangsa Indonesia
c. Memecah belah untuk menguasai
d. mengikuti kebaikan para penjajah
5. Warisan Sumpah Pemuda harus dijaga oleh ...
a. TNI dan POLRI
b. para pendiri negara
c. Pemerintah
d. segenap bangsa Indonesia
6. Pencipta lagu “Indonesia Raya” adalah ...
a. WR. Supratman
b. C. Simanjuntak
c. Ismail Marzuki
d.Moh. Yamin
7. Jika kita telah membuat janji, sebaiknya ...
a. Menunggunya
b. menepatinya
c. Membiarkannya
d. melanggarnya
8. Akibat orang yang tidak menepati janji adalah ...
a. Menjadi orang kepercayaan
b. disayang oleh teman
c. Hilang kepercayaan kepadanya
d. disenangi oleh masyarakat
9. Sebelum Sumpah Pemuda, perjuangan mengusir penjajah masih bersifat ...
a. Kedaerahan
b. nasional
c. menyeluruh
d. sendiri-sendiri
10. Sumpah Pemuda sangat penting dalam sejarah Indonesia karena ...
a. Mudah dipecah belah
b. bangsa kita menjadi luas
c. Bangsa kita menjadi satu
d. bangsa Indonesia dikenal dunia
11. Salah satu nilai Sumpah Pemuda yang dapat kita ambil dari upacara bendera di sekolah adalah ...
a. Patuh pada guru
b. menghormati guru
c. Disiplin
d. pemerataan
12. Ikrar Sumpah Pemuda dikumandangkan tanggal ...
a. 17 Agustus 1945
b. 27 April 1982
c. 30 April 1982
d. 28 Oktober 1982
13. Tujuan diadakannya Kongres Pemuda I adalah ...
a. Memajukan paham persatuan Indonesia
b. Mempererat hubungan antar negara
c. Menyatukan berbagai pendapat yang sama
d. Menciptakan hidup rukun
14. Tri Koro Darmo diubah menjadi Jong Java pada tahun ...
a. 1915
b. 1917
c. 1918
d. 1928
15. Tokoh Jong Sumatranen Bond adalah ...
a. Bahder Johan dan WR. Supratman
b. Moh. Yamin dan Ir. Soekarno
c. Moh. Hatta dan Abu Hanifah
 d. Moh. Hatta dan Ir. Soekarno
16. Sumpah Pemuda lahir karena ...
a. Organisasi yang berfikir kedaerahan
b. organisasi yang berfikir kemerdekaan
c. Organisasi yang berfikir persatuan
d. organisasi yang memifirkan kepentingan sendiri
17. Berikut ini negara-negara yang pernah menjajah Indonesia adalah ...
a. India, Jepang, Rusia
b. Belanda, Inggris, Jepang
c. Portugis, Spanyol, Cina
 d. Belanda, Inggris, Amerika Serikat
18. Jong Celebes anggotanya berasal dari ...
a. Sulawesi
 b. Ambon
c. Minahasa
d. Jawa
19. Arti Bhineka Tunggal Ika adalah ...
a. Sama-sama bersatu
b. bercerai berai
c. Semua suku Jawa bersatu
d. berbeda-beda tetapi tetap satu
20. Semboyan Bhineka Tunggal Ika terdapat pada ...
a. Lambang negara burung garuda
b. lambang koperasi
c. Lambang pramuka
d. lambang budaya suku bangsa di Indonesia
21. Bahasa persatuan kita adalah bahasa ...
a. Asing
b. daerah
c. Indonesia
d. Jawa
22. Bahasa yang dikenal di daerah tertentu disebut ...
a. Bahasa nasional
b. bahasa daerah
c. internasional
d. bahasa ibu
23. Sikap rela berkorban mengesampingkan kepentingan ...
a. Pribadi
b. kelompok
c. golongan
d. umum
24. Salah satu hasil Keputusan Kongres Pemuda II adalah ...
a. Menyatukan berbagai perkumpulan pemuda yang ada
b. Memajukan paham Persatuan Indonesia
c. Lagu Indonesia Raya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia
d. Rasa saling mempercayai terhadap sesama manusia
25. Ketua Kongres Pemuda II adalah ...
a. Amir Syarifudin
b. Moh. Yamin
c. Moh. Hatta
d. Sugondo Joyo Puspito
26. Dalam berjuang untuk mencapai kemerdekaan diperlukan ... yang kuat.
a. Persatuan dan kesatuan
b. perdamaian dan perjanjian
c. Persetujuan dan mufakat
d. persekutuan dan kerukunan
27. Kali pertama lagu Indonesia Raya dikumandangkan pada ...
a. Upacara bendera
b. Kongres Pemuda I
c. Proklamasi Kemerdekaan RI
d. Kongres Pemuda II
28. Mengerjakan atau memberi sesuatu kepada orang lain hendaknya didasari ...
a. Rasa ikhlas
b. setengah-setengah
c. terpaksa
d. jengkel
29. Berikut ini adalah tiga tujuan dari Tri Koro Dharmo, kecuali ...
a. Karsa
b. budi
c. bakti
 d. sakti
30. Di bawah ini adalah salah satu contoh sikap ikut memelihara dan menjaga keutuhan masyarakat            adalah ...
a. Ikut kerja bakti
b. ikut siskamling
c. Melaksanakan kerja bakti
d. melaksanakan olah raga

31. Seorang pejuang harus memiliki sikap ...
a. Disiplin b. penakut c. mudah bergaul d. mudah menyerah
32. Sumpah Pemuda tidak membedakan derajat dan pangkat, martabat serta asal usul para pemuda.     Merupakan salah satu ………………………..... Sumpah Pemuda.
a. Nilai budaya
 b. nilai sosial
c. nilai agama
d. nilai juang
33. Kongres Pemuda I tahun 1926 antara lain bertujuan untuk ...
a. Membangkitkan semangat juang para pemuda
b. Mengawali perjuangan pemuda
c. Mempersiapkan Kongres Pemuda II
d. Mempersatukan organisasi para pemuda
34. Berikut ini contoh pengamalan nilai politik Sumpah Pemuda yaitu ...
a. Tidak memilih-milih dalam bersikap
b. Disiplin mematuhi tata tertib di sekolah
c. Selalu hidup rukun dengan siapa saja
d. Menghormati budaya daerah lain
35. Mencintai bangsa dengan cara bangga menggunakan produk buatan dalam negeri merupakan pengamalan nilai ………... ……………………Sumpah Pemuda.
a. Politik
b. budaya
c. disiplin
d. perjuangan

II.Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang benar!

36. Kepentingan bersama harus didahulukan daripada kepentingan ..............
37. Sumpah Pemuda dilangsungkan pada tanggal .......................
38. Satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa merupakan isi dari .........................
39. Bersatu kita teguh, bercerai kita ........................................
40. Bendera merah putih ditetapkan sebagai ......................................
41. Sikap yang harus dilakukan terhadap teman yang berbeda suku adalah ....................
42. Dengan sesama kita harus hidup .............................
43. Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah selama berabad-abad tidak berhasil karena ..........
44. Kerukunan kan membina rasa .......................................
45. Nilai Sumpah Pemuda tidak hanya dipahami tetapi perlu di ...............................

III.Kerjakan soal-soal berikut dengan benar!

46. Tulislah isi teks Sumpah Pemuda dengan lengkap !


47. Sebutkan tiga cara mengamalkan Sumpah Pemuda !


48. Mengapa bahasa Indonesia disebut bahasa persatuan ?


49. Sebutkan tiga nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda !


50. Mengapa semboyan Bhineka Tunggal Ika sangat cocok untuk bangsa Indonesia ?

6 komentar: